Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memilih Kulkas Baru

Dengan banyaknya merk kulkas baru seperti Sharp, LG, Samsung, Polytron dan masih banyak lagi, membuat kita semua merasa bingung untuk memilih kulkas seperti apa yang benar-benar kita butuhkan dan tentunya pas dengan budget alias isi kantong.
 
Nah pada artikel kali ini, kami menyajikan cara memilih kulkas baru agar anda benar-benar memperoleh kulkas sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi yang tepat serta tidak menguras kantong terlalu dalam.
 
Cara memilih Kulkas Baru

Cara memilih Kulkas

Pilih Kapasitas Kulkas

Kapasitas kulkas dalam hal penyimpanan memiliki peranan penting. Untuk anda yang gemar menyimpan makanan dalam kulkas maka kulkas dengan kapasitas yang besar adalah pilihan utama.

Selain itu, perhatikan pula pembagian kapasitas antara kapasitas penyimpanan pada freezer dan kapasitas pada bagian pendingin.

Sebaiknya anda memilih kulkas yang menawarkan kapasitas penyimpanan bagian pendingin yang lebih besar (dari rata-rata kulkas) dibandingkan freezer itu sendiri.

Saat ini ada beberapa merk kulkas yang menawarkan adanya beberapa kotak penyimpanan sampai 6 pintu. Memang terlihat stylish, namun bagi kita yang tidak begitu mempedulikan desain maka hal ini tidak begitu penting.

Beberapa tips untuk memilih kapasitas kulkas yang tepat dengan kebutuhan adalah sebagai berikut :
  • Untuk anda yang tinggal sendiri dan jarang memasak di rumah, kulkas dengan kapasitas di bawah 150 liter dianggap sudah cukup
  • Untuk anda yang tinggal sendiri dan gemar memasak, maka pertimbangkan untuk memilih kulkas dengan kapasitas 150-200 liter
  • Untuk anda yang baru menikah atau anggota keluarga tidak banyak, maka kulkas dengan kapasitas 200-350 liter adalah pilihan yang tepat.
  • Sedangkan untuk keluarga besar, maka kulkas dengan kapasitas 500 liter ke atas merupakan pilihan yang sangat tepat.

Perhatikan Lokasi Penempatan dan Cara Membuka Pintu Kulkas

Pada umumnya pintu kulkas dibuka ke arah kanan, namun saat ini ada beberapa kulkas yang didesain dengan dua pintu atau dikenal dengan side by side.
 
Sayangnya untuk kulkas dengan harga terjangkau masih menggunakan metode pembukaan pintu ke arah kanan, sehingga anda harus benar-benar memperhatikan lokasi penempatan kulkas nantinya.
 
Hal ini dikarenakan agar kulkas ditempatkan pada tempat yang benar-benar tepat dan saat membuka pintu kulkas tidak terganggu.
 
Ada beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk penempatan kulkas, yaitu:
  • Beri jarak atau ruang pada bagian samping kanan dan kiri serta bagian belakang kulkas dari dinding atau barang lainnya
  • Sebisa mungkin bukaan pintu kulkas mengarah ke dinding (dinding berada di sebelah kanan kulkas)
Sebagai tambahn informasi, bahwa ada empat jenis pintu kulkas yang sering dipakai yaitu ke samping kanan atau kiri, multi-door, dan side by side
 

Pahami Karakteristik Kulkas Dari Setiap Merk 

Ada beberapa merk kulkas yang memiliki karakteristik sendiri dan ini menjadi nilai jual bagi mereka. Berikut ini adalah beberapa contoh karakteristik kulkas pada beberapa merk:
  • Kulkas merk LG memiliki karakteristik yaitu bisa dikontrol jarak jauh dengan menggunakan teknologi Smart Thinq
  • Kulkas Merk Panasonic memiliki karakteristik sebagai kulkas pintar dengan fitur prime fresh freezing yang mampu menyimpan daging dan ikan tanpa membuatnya beku yang brsifat keras, sehingga daging dan ikan bisa langsung dimasak tanpa harus di defrost terlebih dahulu
  • Kulkas merk Samsung memiliki karakteristik mampu menjaga tetap dingin meski listrik dirumah anda padam selama 12 jam
  • Kulkas merk Sharp memiliki teknologi Plasmacluster dan memiliki freezer berkapasitas besar.

Periksa Apakah Ada Fitur Hemat Daya

Saat ini kulkas yang memiliki fitur hemat listrik sudah menjadi kewajiban bagi siapapun. Karena dengan adanya fitur tersebut dapat membuat tagihan listrik anda berkurang namun kinerja kulkas tetaplah optimal.

Kulkas yang memiliki fitur ini tidak harus mahal, namun anda perlu memperhatikan apakah ada atau tidak saja. Dengan begitu dalam jangka panjang anda tidak rugi karena penggunaannya yang hemat listrik.

Secara umum kulkas yang memiliki pemakaian listrik 200-300 kWh adalah kulkas tipe hemat energi. Namun dengan berkembangnya teknologi ada kulkas dengan daya listrik yang besar naun disertakan teknologi energy saving, sehingga tetap hemat listrik

Perhatikan Kemudahan Penyimpanan Makanan

Setiap kulkas memiliki keunikan tersendiri terkait kemudahan penyimpanan makanan. Namun secara umum kulkas yang memiliki ruang yang lega dan ada banyak tempat penyimpanan sepertinya layak untuk ditimang.

Selain itu, memastikan setiap kompartemen yang ada berfungsi secara maksimal juga tidak kalah penting. Sehingga memastikan kemudahan penyimpanan makanan dan kegunaan setiap kompartemen adalah poin terakhir yang harus anda perhatikan sebelum membeli kulkas.

Kesimpulan
Ada banyak kulkas dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, namun kulkas terbaik adalah kulkas yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak menguras kantong serta setiap elemen dan keunggulan yang ditawarkan dapat difungsikan secara maksimal.

Demikianlah cara memilih kulkas baru yang bisa anda ikuti, semoga bermanfaat.