Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Wajan Penggorengan Untuk Memasak

Wajan merupakan peralatan dapur yang harus ada untuk aktifitas memasak. Kegunaannya mulai untuk menggoreng makanan sampai keperluan memasak sayur seperti bikin opor ayam dan kare. Wajan sendiri saat ini sudah berkembang pesat, tidak lagi hanya terbuat dari besi atau aluminiumm saja, namun sudah ada yang dilapisi dengan lapisan antilengket.
 
Selain lapisan antilengket, ternyata ada jenis wajan yang juga dilengkapi dengan teknologi noncoating. Sehingga saat ini anda wajib memahami setiap produk wajan untuk mengoptimalkan aktifitas memasak dan menghasilkan masakan yang sedap dan lezat untuk keluarga.
 
Cara Memilih Wajan Penggorengan Untuk Memasak
 
Pada artikel kali ini, kami menyajikan informasi seputar cara memilih wajan penggorengan  agar mendapatkan wajan yang sesuai dengan kebutuhan dan sangat berguna bagi ibu memasak di dapur.

Cara Memilih Wajan Penggorengan Terbaik

Sesuaikan dengan Jenis Kompor Anda

Memilih jenis wajan memang terlihat sepele, namun jika anda perhatikan dengan baik, kualitas dan ketebalan wajan sangat berpengaruh pada tingkat cepat atau lambatnya panas merambat keseluruh wajan.

Jika panas api dengan cepat menyebar ke seluruh komponen wajan, maka hal ini dapat mempercepat aktifitas memasak, begitu juga sebaliknya.

Bagi anda yang memasak menggunakan kompor gas, tidak masalah menggunakan wajan model apapun, namun sebaiknya gunakan wajan yang tidak terlalu tebal sehingga proses pemanasan masakan jauh lebih cepat dan efektif.

Pertimbangkan Bahan Wajan

Wajan sendiri terbuat dari beberapa bahan, dengan memperhatikan bahan dasarnya, dapat membuat bunda dirumah bisa menghasilkan masakan yang jauh lebih baik dan lezat untuk keluarga.

Wajan Antilengket

Wajan antilengket saat ini menjadi primadona bagi ibu-ibu dirumah. Hal ini disebabkan karena makanan yang dimasak pada wajan tersebut tidak mudah lengket, sehingga memudahkan dalam hal pembersihan dan perawatan.

Selain itu, wajan jenis ini juga dapat menghemat penggunaan minyak goreng. Dimana kita tidak perlu menggunakan banyak minyak goreng untuk menggoreng lauk-pauk atau men-tumis sayuran.

Namun tetap diperhatikan, meski antilengket, lapisan tersebut dapat terkelupas bersamaan lamanya waktu penggunaan. Sehingga ketika lapisan antilengket mulai mengelupas, sebaiknya segera menggantinya dengan yang baru.

Wajan Berbahan Besi Tuang

Meski memiliki berat yang lebih dibandingkan wajan jenis lainnya, wajan berbahan besi ini tergolong sangat baik dalam menjaga panas di seluruh permukaan wajan.

Sehingga wajan jenis ini sangat cocok untuk masakan yang membutuhkan panas yang sangat tinggi.

Wajan Berbahan Aluminium

Wajan jenis ini memiliki keunggulan dalam hal mengantarkan panas. Sehingga masakan lebih mudah panas dan cepat matang.

Untuk harganya sendiri cukup bervariatif dan lebih terjangkau dibandingkan wajan yang terbuat dari besi. Jika anda menyukai wajan yang antilengket, maka anda dapat memilih wajan berbahan aluminium dengan lapisan antilengket.

Wajan Berbahan Stainless Steel

Untuk wajan berbahan stainless stell ini memiliki keunggulan tahan karat dan antigores. Sehingga membuatnya nyaman digunakan untuk memasak dalam jangka waktu yang panjang.

Wajan yang tidak mudah berkarat memang sangat baik bagi kesehatan, karena makanan tidak akan mudah tercampur dengan karatan yang dapat berakibat fatal pada kesehatan.

Pertimbangkan Bobot dan Ukuran

Untuk urusan bobot dan ukuran, wajan memiliki varian yang sangat banyak. Dari setiap produsen wajan mereka menawarkan ukuran dan berat yang sangat bervariatif dan diantaranya menjadi produk unggulan mereka.

Namun tidak ada standar baku untuk ukuran dan berat wajan ideal. Anda harus bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan jenis kompor dirumah. Hal ini berguna untuk memaksimalkan fungsi dari wajan itu sendiri.

Jika anda sering bergaya layaknya Chef profesional dengan mengayunkan wajan, maka sebaiknya pilih wajan yang ringan dan ada pegangannya. Namun jika tidak, gunakan wajan standar yang memiliki fitur terbaik dan cocok untuk anda saat memasak.

Kesimpulan

Cara memilih wajan penggorengan seringkali diabaikan oleh kita. Namun ketika kita tidak memperhatikannya dengan baik, seringkali membuat wajan tidak dapat digunakan secara optimal dan tentu ini menjadi kerugian tersendiri.

Untuk itu, penting kiranya anda memastikan poin-poin yang telah dijelaskan diatas sebelum memutuskan membeli wajan penggorengan untuk memasak dirumah.