Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis dan Tipe AC Daikin

Kebutuhan akan AC sebagai pendingin suhu ruangan kian hari kian meningkat seiring meningkatnya suhu di bumi ini. Sehingga hal itu membuat banyak orang memburu pendingin ruangan alias AC dengan berbagai merk dipasaran.

Salah satu AC terbaik yang dikenal di pasaran adalah AC merk Daikin. AC merk Daikin ini memiliki berbagai jenis dan tipe produksi yang mana masing-masing memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda.

Pada artikel kali ini, kami menyajikan informasi seputar jenis dan macam AC Daikin yang harus anda ketahui sebelum membelinya untuk keperluan rumah tangga.
 
Jenis dan Tipe AC Daikin

Jenis AC Daikin

Untuk mengetahui lebih dalam tentang jenis-jenis AC, berikut penjelasan yang dapat membantu anda memahami lebih dalam mengenai AC.

AC Split Wall

AC Split Wall merupakan AC yang terdiri atas dua komponen yakni komponen Indoor (yang dipasang dalam ruangan) dan Komponen Outdoor (yang dipasang diluar gedung atau rumah).
 
Kelebihan AC Split Wall
  • Dapat dipasang pada ruangan yang tidak terhubung dengan udara luar. Komponen AC outdoor juga dapat dipasang dibagian luar gedung atau rumah meski jauh dari ruangan yang terpasang kompponen indoor
  • Suara didalam ruangan tidak berisik
Kelemahan AC Split Wall 
  • Pemasangan atau pembongkaran AC tipe Split Wall ini membutuhkan tenaga terlatih untuk memindahkannya
  • Harga cenderung lebih mahal
  • Pemeliharan alias perawatan membutuhkan peralatan khusus

AC Cassette 

AC jenis Cassette merupakan AC yang komponen indoornya terpasang pada plafon atau langit-langit ruangan.
 
Untuk pemasangan AC Cassette juga memerlukan tenaga ahli. Untuk kapasitas AC ada banyak variannya, pada umumnya mulai dari 1,5PK s.d 6PK
 

AC Split Duct

AC tipe Split Duct ini biasa terpasang pada mall atau gedung-gedung yang memiliki ruangan yang luas. Untuk pengaturan suhunya hanya terkontrol pada satu titik, sehingga dari sekian banyak unit indoor AC Split Duct ini hanya bisa dibuat satu jenis suhu, sehingga suhu ruangan menjadi homogen.
 
Kelebihan
  • Estetika dalam ruangan terjaga karena tidak adanya unit indoor
  • Tidak ada suara berisik dalam ruangan
Kekurangan 
  • Membutuhkan perencanaan yang matang dalam hal instalasi, operasi dan pemeliharaan yang hanya bisa dilakukan oleh tenaga ahli
  • Biaya investasi dan pemeliharaan mahal
  • Pengaturan suhu bertipe Central Cooling Control alias dikontrol pada satu titik
  • Jika terdapat salah satu unit yang rusak, maka dampaknya bisa dirasakan seluruh ruangan

AC Inverter

AC Inverter merupakan AC tipe Split namun menggunakan teknologi inverter. Teknologi inverter ini adalah adanya pemasangan komponen atau alat didalam AC yang berfungi untuk mengatur kecepatan motor-motor listrik.
 
Dengan adanya teknologi Inverter tersebut, konsumsi daya listrik dapat ditekan namun kinerja AC tetap optimal. Sehingga AC jenis ini sangat cocok untuk anda yang suka dengan produk hemat listrik, karena AC jenis ini mampu menghemat listrik sampai 60%.

AC Floor Standing

AC tipe ini cukup mudah untuk dipindahkan, karena jenis AC ini biasanya berupa AC Standing yang berdiri pada sisi ruangan. AC Floor Standing biasanya ditempatkan pada ruangan yang membutuhkan pendingin ruangan yang mudah dipindahkan.
 
Mudahnya, AC Flor Standing ini bisa disebut sebagai AC Portable yang bisa ditaruh dimana saja sesuai kebutuhan.

AC VRV

AC jenis ini tergolong paling canggih dibanding jenis lainnya. Hal ini dikarenakan AC VRV hanya memerlukan satu komponen Outdoor untuk beberapa komponen Indoor sehingga lebih praktis.