Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Tanda-tanda Berikut Apakah Smartphone Kamu Disadap

tanda-tanda smartphone kamu disadap

Pernahkah anda mengalami smartphone cepat panas padahal anda tidak melakukan aktifitas multitasking? atau merasakan data internet begitu cepat habis meski tidak banyak melakukan aktifitas berinternet?

Hati-hati, bisa jadi smartphone anda sedang dalam masalah terutama penyadapan. Untuk itu kenali tanda-tanda berikut agar kamu tahu kondisi smartphone kamu saat ini.


Tanda-Tanda Handphone Kamu Disadap

Smartphone kini sudah menjadi produk wajib bagi setiap orang terutama mereka yang harus selalu terhubung dengan internet untuk banyak keperluan, seperti bekerja dan belajar.

Namun ditengah pertumbuhan penggunaan internet, ada saja oknum yang menyalahgunakannya seperti untuk menyadap smartphone orang lain untuk kepentingannya sendiri.

Tentu hal ini sangat merugikan bagi pemilik smartphone yang disadap, untuk itu kenali tanda-tanda berikut ini untuk mengetahui apakah smartphone kamu saat ini sedang disadap atau tidak.

Smartphone Lemot

Penggunaan smartphone yang lemot biasanya dapat diatasi dengan memasang aplikasi pembersih untuk menghilangkan chace pada setiap aplikasi yang kita pakai, selain itu HP yang lemot bisa juga disebabkan oleh kapasitas RAM yang kecil atau memori smartphone yang telah penuh.

Namun jika anda merasa penyebabnya bukanlah 3 hal diatas, anda wajib waspada, karena bisa saja smartphone anda sedang melakukan multitasking yang tidak anda sadari aktifitasnya. Dengan begitu anda harus mengecek lebih detail, bisa jadi smartphone tersebut sedang disadap.

Penggunaan Data Internet Meningkat

Data internet memang sangatlah penting untuk smartphone saat ini, karena dapat menjaganya untuk tetap dapat terkoneksi dengan dunia luar.

Namun sadarkah anda jika penggunaan data yang meningkat sedangkan aktifitas internet anda biasa-biasa saja, anda wajib waspada karena itu adalah tanda-tanda bahwa smartphone kamu sedang disadap.

Terdapat Aplikasi Asing yang Terinstal

Sebagai pemilik smartphone, tentu anda mengenal betul aplikasi apa saja yang terinstal di dalamnya, baik itu untuk urusan pekerjaan, sekolah, media sosial, atau untuk keperluan lainnya.

Akan tetapi jika anda menemukan aplikasi asing dan terasa aneh serta anda merasa tidak pernah menginstalnya, wasapadalah, karena itu bisa saa aplikasi untuk menyadap smartphone kamu, jadi segera unsintal aplikasi tersebut.

Smartphone Cepat Panas

Smartphone akan cepat panas jika digunakan untuk mengoperasikan banyak aplikasi dalam satu waktu, atau yang biasa kita kenal sebagai multitasking.

Namun ketika smartphone hanya menjalankan satu atau dua aplikasi atau bahkan tidak digunakan sama sekali tetapi suhunya cepat panas, berhati-hatilah, karena itu juga merupakan tanda penyadapan pada smartphone kamu.

Muncul Iklan Aneh

Sering muncul iklan pada smartphone? padahal anda tidak sedang browsing di internet?

Ada dua kemungkinan yang terjadi, pertama adalah smartphone kamu terinstal driver ROM yang abal-abal, hal ini seringkali ditemukan pada smartphone yang open source seperti Xiaomi dan lain-lain yang seirng kita kenal sebagai smartphone distributor.

Kedua, anda membeli smartphone ditoko resmi dan tidak melakukan aktifitas yang aneh pada smartphone tersebut namun sering muncul iklan. Jika demikian anda patut curiga karena itu adalah tanda smartphone kamu sedang disadap.

Kesimpulan

Memahami kebiasaan kita dalam beraktifitas dengan smartphone wajib dilakukan, karena dengan demikian kita dapat mengetahui apakah smartphone kita dalam kondisi normal atau sedang disadap oleh oknum tertentu untuk kepentingan mereka.

Karena pada dasarnya penyadapan adalah perbuatan yang melanggar privasi kecuali sesuai peraturan perundangan dan sudah tentu merugikan kita sebagai pemilik smartphone dan data pribadi.

Demikian ulasan singkat mengenai tanda-tanda smartphone yang terkena sadap, semoga bisa menambah pengetahuan kamu dan menjadikan kamu lebih waspada lagi terhadap gangguan pada smartphone.